PundutsBLOG
this site the web

Software BIOS

SOFTWARE BIOS
Saat ini, ada beberapa perusahaan penyedia BIOS, yakni sebagai berikut:
• Award Software, yang meluncurkan Award BIOS, Award Modular BIOS, dan Award Medallion BIOS
• Phoenix Technologies, yang meluncurkan Phoenix BIOS, dan setelah melakukan merjer dengan Award Software, meluncurkan Phoenix-Award BIOS.
• American Megatrends Incorporated (AMI) yang merilis AMI BIOS, dan AMI WinBIOS.
• Microids Research
• Para OEM (Original Equipment Manufacturer), seperti Hewlett-Packard/Compaq, IBM/Lenovo, Dell Computer, dan OEM-OEM lainnya.
Pengeluar BIOS Kekunci
BIOS AMI Del
BIOS Award Del atau Ctrl+Alt+Esc
Compaq F10
IBM Aptivas dan Thinkpads F1
Microid Research (MR BIOS) Esc
BIOS Phoenix F2
Komputer Riba Toshiba Esc, kemudian F1
Oleh karena setiap pengeluar BIOS menghasilkan BIOS yang berbeda-beda, maka kekunci sampukan bagi setiap BIOS juga berlainan. Table berikut menunjukkan kekunci sampukan (interrupt keys) bagi setiap pengeluar BIOS. Dibawah ini ada beberapa pengertian dari software BIOS, yaitu :
 American Megatrends Inc (AMI Bios)
AMIBIOS (atau AMI BIOS) BIOS dikembangkan dan dijual oleh American Megatrends Inc (AMI). Hal ini digunakan baik di perusahaan memiliki motherboard dan pada motherboard yang dijual oleh perusahaan lain. American Megatrends adalah satu-satunya pihak ketiga produsen BIOS motherboard juga memproduksi sendiri, meskipun dalam volume yang relatif kecil. Pada 2002, AMI BIOS adalah yang paling populer BIOS firmware untuk PC. American Megatrends memiliki model OEM usaha yang ketat untuk AMIBIOS, AMI tidak menjual BIOS atau BIOS chip bagi pengguna-akhir. Sebagai akibatnya, AMI tidak menghasilkan dokumentasi pengguna akhir untuk BIOS nya firmware atau menyediakan dukungan teknis secara langsung. Namun, perusahaan ini menerbitkan dua buku tentang BIOS nya. Selama powerup, BIOS firmware menampilkan sebuah string ID di-pojok kiri bawah layar. String ID terdiri berbagai potongan informasi tentang firmware, termasuk ketika dikompilasi, apa opsi-opsi konfigurasi yang dipilih, kode lisensi OEM, dan chipset yang ditargetkan dan motherboard. Ada 3 format string ID, yang pertama untuk AMIBIOS lebih tua, dan yang kedua dan ketiga untuk AMI baru Hi-Flex ("fleksibilitas tinggi") BIOS. Ini yang terakhir ditampilkan ketika seseorang menekan tombol Insert saat power-on self test.

 Award Bios
"Jangan menghubungi Award Software untuk upgrade BIOS atau BIOS dukungan teknis" - tapi banyak informasi berguna yang bisa dipetik dari mereka yang Sering Mengajukan (FAQ) di situs Web mereka. Mereka juga memiliki cara untuk mengidentifikasi bagian motherboard Anda dari Award BIOS sebuah nomor untuk produsen motherboard di seluruh dunia.Sekali lagi Anda bisa mendapatkan tapi sedikit disederhanakan versi yang sama dari halaman ini dari Wim's BIOS Page. Untuk semua pengguna akhir dukungan teknis dan BIOS upgrade untuk Award Software BIOS produk menghubungi Unicore Software Inc. alamat e-mail mereka adalah support@unicore.com.
AWARD lebih menyukai pesan lewat monitor. Tapi ada saatnya video card tidak berfungsi dan pesan ditampilkan menggunakan kode bip tersebut. Oleh karena itu, kode bip pada BIOS tipe ini lebih sedikit. Kode bip pada BIOS ini juga seperti tanda morse, mengkombinasikan bip panjang dan pendek.
AMI BIOS
Suara Beep Keterangan
1 X kegagalan refresh DRAM .Sistem mempunyai masalah mengakses memori untuk merefreshnya.
2 X kegagalan rangkaian parity. Pada data yang ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang berfungsi untuk mendeteksi dan koreksi error. Pekerjaan ini dilakukan oleh rangkaian parity yang terdapat dalam komputer. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya masalah pada memori atau motherboard.
3 X kegagalan base memori 64K. Base memori 64 K adalah 64 KB memori yang pertama pada RAM. Kegagalan ini bisa disebabkan oleh slot memori yang dikelompokkan dalam modul memiliki chip yang rusak. Hal ini berhubungan dengan kerusakan motherboard.
4 X kegagalan system timer. Kemungkinan ada kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada motherboard.
5 X kegagalan prosesor. Dapat disebabkan oleh panas yang berlebih, atau karena prosesor tidak terpasang benar ke dalam socketnya.
6 X kegagalan keyboard controller/gate A20. Keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengendalikan keyboard Anda.
7 X kesalahan pada prosesor.
8 X kegagalan baca/tulis memori display.
9 X kerusakan pada BIOS.
10 X kesalahan pada CMOS.
11 X kerusakan pada cache memori.

Suara Masalah

1 bip panjang masalah pada memori. Kemungkinannya adalah memori tidak terpasang dengan benar, atau juga chip memori rusak. Bisa juga berhubungan dengan kerusakan pada motherboard.
1 bip panjang, dan 2 bip pendek kesalahan pada sistem video. BIOS tidak dapat mengakses sistem video untuk menuliskan pesan error ke layar. Ada beberapa kemungkinan. Anda memasang video card ke sistem yang sudah ada video card on boardnya. Atau Anda menggunakan IRQ yang sudah terpakai untuk video card tersebut sehingga terjadi konflik. Kemungkinan lain, video card tidak terpasang dengan benar.
1 bip panjang, dan 3 bip pendek sama seperti di atas, ada kesalahan pada video. BIOS tidak dapat mengakses sistem video untuk menampilkan pesan kesalahan ke layar.
Suara bip sambung menyambung dapat disebabkan oleh memori atau video card.



 Phoenix Technologies
Mengidentifikasi Motherboard dengan Phoenix BIOS bisa sulit, alasannya sebagai berikut (dikutip dari Phoenix FAQ's):
"Jika Anda tidak dapat menemukan pembuat nama di dalam komputer, dalam pemberitahuan hak cipta ditampilkan selama POST, atau di pemilik manual, maka Anda beruntung. Phoenix tidak membuat sistem komputer. Tidak ada cara yang dapat diandalkan untuk Phoenix untuk menentukan produsen yang asli, angka yang tertera pada stiker BIOS pada motherboard tidak
mengidentifikasi BIOS versi atau pabrikan sistem " Mereka" adalah urutan nomor yang digunakan untuk menghitung stiker.. Mereka tidak mengidentifikasi BIOS maupun produsen komputer . tetapi perusahaan-perusahaan seperti Intel telah meng-upgrade untuk Phoenix BIOS yang digunakan pada motherboard mereka.
 MR BIOS
Microid Research Inc. Pembuatan MR BIOS untuk berbagai chipset dan tersedia berbagai upgrade-an nya untuk banyak motherboard. Jika Anda memiliki pciset berbasis Intel (Sebelumnya disebut ‘Triton’)



SUMBER :

 http://bhudi-swg.blogspot.com/2010/10/pis1003pengenalan-hardware-motherboard_19.html
 http://www.pro-ibid.com/content/view/98/1/
 http://www.find-docs.com/fungsi-bios-phoenix-ppt.html
 http://alfamedia-komputindo.blogspot.com/2009/02/post-power-on-self-test.html
 http://www.google.com
 http://www.wikipedia.com

0 comments:

Post a Comment

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies